Minggu, 05 Juni 2011

Ringkasan Khotbah GPdI Agape

Pdt. Johan M.Ev. Supit
Amsal. 4:23
Jagalah Hati


Amsal. 4:23
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
jelas Alkitab mengatakan bahwa jagalah hatimu, berbicara hati bukan organ tubuh dalam pengertian lain hati berbicara perasaan manusia dalam bentuk kejiwaan, baik secara emosi ataupun secara sikap itu berbicara hati jadi jangan kita berpikir organ tubuh kita harus dijaga, bukan begitu memang kita harus menjaga organ tubuh kita supaya kita sehat, kuat dengan kita kuat kita bisa melayani Tuhan , dengan kita kuat kita bisa melakukan aktivitas kita, dengan kita kuat kita bisa merasakan sesuatu yang seharusnya kita semua miliki. tetapi Alkitab menerangkan kita harus menjaga hati kita karena dari situ terpancar kehidupan. simpelnya dalam kehidupan sehari-hari yang sering mempengaruhi kita yaitu dalam dompet kita ada banyak barang-barang yang sebenarnya tidak bisa digunakan lagi dan seharusnya dibuang , kita bisa kaitkan secara kehidupan kerohanian kita ada banyak hal yang sebenarnya tidak bermanfaat bagi kehidupannya, tetapi mengapa kita mau menyimpan hal-hal itu alasannya karena mengandung kenangan ataupun nanti suatu saat barang tersebut bisa dipergunakan, seringkali dalam kehidupan kita kenapa kita tidak bisa merasakan sesuatu yang baik, kenapa kita tidak pernah merasakan sesuatu yang luar biasa karena tanpa kita sadari kita masih melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat lagi, yang sebenarnya perlu dibuang. hal yang sama , kita tidak memancarkan kehidupan yang baik karena hal-hal tersebut yang sebenarnya hanya membebani kita saja.
hal yang sama dalam kehidupan kerohanian kita sebagai orang yang percaya dimana kita menginginkan / mamancarkan sesuatu baik tetapi dalam prakteknya ada hal-hal yang buruk yang ada atau kita simpan.
dari penelitian ternyata kita bisa mengalami sesuatu yang baik , sesuatu yang sehat itu tergantung dalam diri kita kalau kita bisa menerima sesuatu dalam diri kita dan kita menangkap itu dan kita alirkan itu dengan hal-hal yang baik maka tidak akan memberikan pengaruh yang besar untuk kesehatan kita tetapi sebaliknya kalau hal-hal itu datang dan membuat kita tidak mampu bertahan maka itu akan membuat kita sakit itu sebabnya Alkitab mengatakan kita harus menjag hati kita karena dari situlah terpancar kehidupan, ada begitu banyak kesaksian dari pada pendeta yang dimana ketika dia mau berdoa untuk orang sakit maka orang yang hendak didoakan harus mengampuni , atau memulihkan diri dulu dan pada saat dia melakukan hal itu ada kehidupan yang baru yang terjadi , pada saat itu memperoleh pemulihan.
Allah mau supaya hidup kita benar-benar penuh dengan sukacita Allah, penuh dengan damai sejahtera Allah memancarkan kehidupan dan kemuliaan, andaikan kalau hidup kita bejana dan didalam diri kita ada sesuatu yang terpendam lama seperti air yang terpendam lama dan kalau digambarkan seperti air kalau sudah terpendam lama maka kita akan dapati dimana yang bagian atas jernih dan bagia bawah adalah hasil endapan dalam ini kalau kita biarkan pada saat terjadi goncangan maka dengan sendiri endapan tersebut akan naik dan membuat air itu keruh hal yang sama akan terjadi dalam kehidupan kita , pada saat kita biarkan hal-hal yang tidak baik terendap begitu saja , maka pada saat itu akan membuat kehidupan kita bagaikan air yang keruh, jangan sampai hal itu terjadi dalam diri kita.
Allah mau dalam kehidupan kita melakukan hal-hal yang luar biasa untuk Tuhan maka kita akan menjadi lebih baik.
Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup. (Yohanes. 7:38)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

kirimkan kritik dan saran anda