Kamis, 09 Juni 2011

PELAJARAN KITAB DANIEL ( Part 2 )


Ayat 20 – 24. arti penglihatan itu :
-          Domba jantan dengan 2 tanduk adalah raja Media dan Persia
-          Kambing jantan adalah raja Yunani.
-          Tanduk adalah raja Yunani yang pertama (Alexander Agung).
-          Tanduk patah adalah Alexander Agung mati.
-          Lalu pada tempatnya muncul 4 tanduk adalah 4 kerajaan yang muncul dari bangsa itu (Yunani) yang tidak sekuat tanduk besar itu.
-          Dan pada akhir kerajaan mereka, apabila orang-orang fasik telah penuh kejahatannya, maka akan muncul seorang raja dengan muka garang dan yang pandai menipu… adalah Antiocus Ephipanus.

4 tanduk = 4 kerajaan akan muncul di bangsa itu. Tapi tidak sekuat yang terdahulu pada akhir karajaan mereka. Apabila orang fasik telah penuh kejahatan atau muncul seorang Raja dengan muka yang garang, pandai menipu, kuat tapi tidak sekuat yang terdahulu yang mendatangkan kebinasaan yang mengerikan. Maka rahasia kedurhakaan di ungkapkan oleh Roh supaya kita mengetahui lebih dulu (II Tes 2:7, Wah 17:17).
Dari mana antikris muncul?
Muncul dari 4 kerajaan. Kerajaan Grika akan bangkit kembali. Kita lihat raja dunia.
-          kerajaan dunia pertama Mesir
-          Kedua Kerajaan Asyiria
-          Ketiga Kerajaan Babilon
-          Keempat Kerajaan Media-Persia
-          Kelima Kerajaan Grika/Yunani
-          Keenam Kerajaan Romamwi
-          Ketujuh Kerajaan Roma baru terdiri dari 10 federasi, 7 kepala dari naga 7 mahkota.
-          Kedelapan Kerajaan antikris (Wahyu 17:11)

Kerajaan Grika muncul menguasai Israel. Yoel 3:5-6, oleh karena Tirus, Sidon, Filistin, Libanon dan Palestina bekerjasama dengan antikris untuk mengusir Israel dari wilayahnya. Zakharia 9:13, 9:11-17 nubuatan perang Harmagedon. Wahyu 13:2, binatang serupa macan tutul. Wahyu 17:8-11.


Ayat 25-26. Penglihatan yang tertutup. Penjelasan tentang Antiocus Ephipanus yang dihubungkan dengan apa yang terjadi pada akhir zaman.
Nubuat tentang Antiocus Ephipanus, tetapi bila dilihat dari sifart-sifatnya maka ini berbicara tentang kenyataan Antikristus yang akan dating pada masa tiga setengah tahun masa aniaya besar.
Antiocus Ephipanus bukan hanya perencana tetapi orang yang berhasil dalam pelaksanaan rencananya itu. Dai sampai ke Palestina, mengepung, merusak, mengosongkan Bait Allah, menajiskannya dan menghina Ibadah Israel dan menyembelih babi betina diatas mezbah. Dalam ayat 24 dinubuatkan bahwa umat yang kudus juga dibinasakannya. Hal ini juga adalah gambaran yang akan terjadi pada akhir zaman. Yang dilakukan oleh Antiocus Ephipanus sama juga yang akan dilakukan oleh Antikris.
  1. Munculnya pada saat kejahatan memuncak. (Dan 8:23, Kej 15:16. bandingkan 2 Tim 3:1-5).
  2. Kuasanya menjadi besar tapi bukan dari dirinya sendiri (Dan 8:24. KJV. Bandingkan Wahyu 13:1-4, II Tes 2:9.

Antiocus Ephipanus berhasil karena kecerdikannya dalam menipu (Mat 24:15). Tentang penglihatan 2300 pagi dan petang bagi Daniel hal ini masih sanga jauh tetapi bagi kita hal ini sementara digenapi. Firman Tuhan banyak tertutup pada jaman perjanjian lama. Tetapi Zaman Anugerah banyak rahasia Allah dibuka tetapi tidak dimanfaatkan oleh orang Yahudi.
2 Kor 3:15-17. dan tidak mau bertobat. Itulah sebabnya mereka akan dating kepada Tuhan pada masa antikris.


Ayat 27. Daniel lelah dan jatuh sakit.
Karena untuk mendapatkan Firman, Daniel harus menjadi lelah dan sakit.
Apalagi umurnya sudah tua. Maz 109:24. bandingkan Dan 9:3, 10:2-3. mendapatkan Firman harus bayar harga. Fil 2:30.
-          Penafsiran bait Allah adalah pasti. Umat Yahudi salah. Mereka anggap Bait Allah itu. Tapi didalam Bait Allah itu. Wah 11:1-3, I Sam 4. tabut perjanjian.
-          Penglihatan itu tertutup untuk perjanjian lama. Wah 22:10. jangan metraikan perkataan nubuatan-nubuatan kitab, waktunya sudah dekat. Wah 17:7, II Kor 3:15-17.


PASAL 10
PENGLIHATAN DANIEL DI TEPI SUNGAI TIGRIS


Daniel 10 – 12 penglihatan ke-empat tentang pemerintahan dunia.
Daniel 10, peranan setan dalam pemerintahan dunia.
Daniel 11, Raja dari utara dan selatan
Daniel 12, aniaya besar dan kelepasan Israel Epilok (penutup).

Penglihatan dunia masa depan.
Yes 46:9-10, ingat akan hal-hal yang dahulu sejak purba kala.
Yes 48:3, hal-hal yang terjadi masa lampau. Yoh 13:19.

Akibat persekutuan dengan Allah:
  1. Daniel melihat kemuliaan Allah,(Dan 10:5-8)
  2. Daniel mendengar suara Tuhan (Dan 10:9,14).


Ayat 1. waktu penglihatan disebutkan pada tahun ke – 3 pemerintahan Koresi. Peristiwa pada tahun 10 ini terjadi kira-kira tahun 533, ayitu 2 tahun sesudah pemulangan bangsa Israel, karena mereka di pulangkan pada tahun pertama Raja Koresi adalah Kerajaan Persia. Usia Daniel pada saat itu kira-kira 91 tahun.
Daniel pada saat ini melihat tentang kesusahan besar. Daniel hamba Tuhan dapat melihat jauh secara rohani tentang kesusahan besar di akhir zaman.
Mat 24:8---- permulaan sengsara.
Mat 24:21---- akan timbul sengsara yang dasyat.


Ayat 2-3. Pemulangan bangsa Israel terjadi pada tahun pertama pemerintahan Koresh. Daniel tetap tinggal di Babel dan dia melakukan puasa selama 3 minggu penuh. Ada tiga tahap pemulangan bangsa Israel:
  1. Rombongan yang pertama dipimpin oleh Zerubabel (Ezra 2:1-2. bandingkan 3:8, 11a, Zak 4:9. Ezra 2:64-65---- jumlah jemaah 42.360 orang.
----- budak-budak laki2 dan perempuan 7.397 orang
----- penyanyi 200 orang.
Gelombang pertama ini membangun kembali Bait suci dan pada masa ini nabi Hagai dan Zakharia yang melayani mereka (Ezra 6:15, 5:1-2).
  1. Rombongan yang kedua dipimpin oleh Ezra. 7:10. dirombongan ini, memusatkan perhatian kepada pembangunan rohani. Ezra 7:10, 10:1-6.
  2. Rombongan yang ketiga dipimpin oleh Nehemia. Neh 2. nehemia dalam rombongan ini memusatkan perhatian kepada pembangunan tembok. Ada kemungkinan di masa ini rekan nabi Hagai dan Zakharia. Rombongan ini juga dilayani oleh nabi Maleakhi.

Pada saat itu mur Daniel kira-kira 91 tahun, tetapi masih kuat berpuasa selama 21 hari “tidak berurap”---- tidak memamkai minyak kepala.
Didalam Perjanjian Baru, dikatakan kalau berpuasa meinyakilah kepalamu (Mat 6:17). Tetapi Daniel tidak meminyaki kepala yang dilihat disini adalah hal motivasi. Banyak orang yang berpuasa untuk dilihat orang lain sebab itu Tuhan Yesus menegur dalam Mat 6:17. Daniel pada waktu itu dalam keadaan sendirian dengan tidak ada orang lain yang melihatnya.


Ayat 4. Disini diceritakan dimana Daniel berpuasa yaitu di tepi sungai Tigris. Ini masih di bawah kekuasaan Media Persia. Dilihat dari tempatnya maka Daniel disini dalam berpuasa menyendiri.
Tanggal 24 ini artinya Daniel berpuasa mulai tanggal 3.
Minggu I         3 – 10
Minggu II        10 – 17
Minggu III      17 – 24.


Ayat 5 – 6. Daniel melihat Tuhan Yesus. Perjatikan ayat 6 ---- dilihat dari cirri-cirinya dan dibandingkan dengan Wahyu 1:13 – 17, maka ciri-cirinya sama ini adalah Tuhan Yesus sendiri. Jadi Yesus menyatakan diri di ayat ini adalah seperti malaikat. (Yesus yang belum beringkarnasi).


Ayat 7 – 8. Hanya Daniel yang melihat tetapi yang lain ketakutan dan lari bersembunyi. Yesus Kristus tidak menyatakan diri-Nya kepada semua orang. Sekalipun ada banyak orang yang bersama dengan Daniel. Mengapa hanya kepada Daniel? Jawabnya terdapat dalam Yoh 14:21…”barangsiapa memegang perintahKU dan melakukannya, dialah yang mengasihi AKU. Dan barangsiapa mengasihi AKU, ia akan dikasihi oleh BAPAKU dan AKU pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diriKU kepadanya.
Orang-orang yang bersama Daniel bukan saja tidak melihat Tuhan tetapi juga ketakutan dan lari. Bandingkan dengan apa yang akan terjadi dengan orang-orang berdosa dalam Wahyu 6:15-17. siapakah yang akan dapat bertahan melihat kemuliaan Tuhan? Lukas 21:36.
Daniel juga mendengar suara Tuhan.
Penglihatan yang benar akan diteguhkan dengan Firman Allah.


Ayat 9 – 10. Daniel jatuh tertelungkup/tersungkur bukan karena pengaruh berpuasa tetapi setelah melihat Tuhan dan mendengar suara Tuhan. Daniel tidak kuat berada di hadirat Tuhan. Tetapi Daniel mendapat jamahan Tuhan.
Daniel mendapat penghiburan dari Tuhan. Malaikat Tuhan berkata, “Jangan takut”. Dan ayat 11 Daniel mendapat jamahan yang kedua. Kita harus terus merindukan jamahan Tuhan.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         
Ayat 12 – 13. Jawaban atas Doa Daniel sudah dijawab sejak hari pertama Daniel berpuasa. Karena Daniel berdoa dengan iman dan kerendahan hati. Tetapi jawabannya tertunda? Mengapa tertunda? Karena dihalangi oleh pemimpin kerajaan Persia. Sipakah pemimpin kerajaan Persia? Kalau kita melihat Yes 44:28, Yes 45:1-2. Koresh dipakai oleh Allah bandingkan ayat 20.  yang dimaksud ayat ini adalah dibelakang pemimpin-pemimpin dunia ada yang memimpinnya dalam alam roh yaitu iblis. I Yoh 5:19. itu sebabnya kita harus mendoakan pemimpin bangsa. I Tim 2:1-2. penghalang doa adalah setan. Efesus 6:11-18.
Kita harus memakai seluruh perlengkapan senjata Allah supaya kita jadi pemenang. 5 perlengkapan untuk bertahan dan 2 perlengkapan untuk menyerang. Ada sistim pemerintahan kerajaan iblis. Mat 12:26. ada peperangan antara Malaikat Tuhan dengan malaikat setan. Peperangan di dunia roh dapat berpengaruh di dunia ini. Yang membantu kita dalam peperangan ini adalah MIKHAEL. Ibr 1:14, Maz 34:8. Mikhael adalah Malaikat pemimpin dalam peperangan. Gabriel adalah pembawa berita.
Ada juga peperangan dalam setiap pribadi. Roma 7:13-26. penolong kita adalah Roh Kudus. Tetapi roh-roh jahat mendorong kita dalam berbuat jahat. Efesus 2:1-2. kita harus tetap berjaga dan berdoa. I Pet 5:8.
Ayat 14. Penglihatan Daniel dalam pasal 10 ini ada kaitannya denga akhir zaman. Bandingkan ayat 1. dan ini ditujukan kepada bangsa Israel. Perhatikan kata “bangsamu.”
Ayat 9-14. mendengar suara Tuhan. Daniel jatuh pingsan, Daniel berdiri dengan gemetar. Penglihatan di teguhkan dengan Firman Tuhan.
Maz 29:8-9, Tuhan membuat padang gurun gemetar.
Maz 33:8-, biarlah segenap bumi takut akan Tuhan.

DANIEL
YOHANES
  1. Sejak muda berbakti pada Tuhan
  2. Berani menderita karena kepercayaannya 1:8,6:11
  3. Berpuasa menerima dan mengeluarkan Wahyu.
  4. orang yang sangat dikasihi (10:11-19)
  5. Wahyu inspirasi, Iluminasi diberikan dan disalurkan.
  6. Melihat Mesias pelepas bangsa Israel dalam kemuliaan.
  1. Sejak muda jadi murid Yesus
  2. Berani mengikut Yesus sampai di Salib (Yoh 19:26).
  3. Menderita untuk Firman Tuhan (Wah 1:9)
  4. Disebut murid yang dikasihi (Yoh 13:23)
  5. Menerima Wahyu sinpirasi iluminasi untuk disalurkan bagi gereja.
  6. Melihat Mesias kepala gereja.
 Catatan : dalam sisitim perdagangan dunia, kita melihat arah penyatuan sistim ekonomi dunia, grup2, globalisasi menuju kartu kredit 666. wah 13:16-18. pasaran bersama masyarakat Eropa, bentuk serikat Eropa. Mata uangnya satu. Mata uang sejak tahun 1988 – 1991. agama satu (Wah 17:6).


Ayat 15-19. Allah menjamah Daniel. Dalam pasal 10 ini Daniel 3 kali di lamah Tuhan. Jamahan Tuhan selalu membawa perubahan terhadap Daniel.
  1. ayat 10 – Daniel mendapat kekuatan menghadap Tuhan.
  2. ayat 16 – Daniel dapat membuka mulut untuk berbicara.
  3. ayat 18 – Daniel mendapat kekuatan menerima Firman.
Dalam Lukas 8:46. pada waktu seorang menjamah Yesus ada kuasa yang mengalir kepadanya. Apalagi jika Yesus yang menjamah kita, pasti kuasaNYa mengalir dalam kita.


Ayat 20-21. Malaikat memberitahukan kepada Daniel tentang pergantian suatu kerajaan. Daniel sudah mebngalami 2 kali pemerintahan yaitu kerajaan Babel dan kerejaan Media Persia. Sekarang Allah memberitahukan lagi bahwa kerajaan Medis Persia akan berakhir dan akan diganti oleh kerajaan Yunani. Sesuai dengan pernyataan Allah dalam bentuk penglihatan-penglihatan yang sebelumnya.

Pada saat Daniel menerima penglihatan ini Yerusalem sementara membangun Bait Allah. Daniel tidak berada di Yerusalem tetapi dia berdoa puasa untuk orang yang sedang membangun di Yerusalem. Sebab ternyata pembangunan menghadapi tantangan.


Ayat 21. Kitab Kebenaran. Pada saat itu belum ada Alkitab seperti sekarang, tetapi Allah telah memiliki kitab kebenaran yang akan disampaikan kepada hamba-hamba Tuhan. Langit dan bumi akan lenyap tetapi Firman Allah tidak akan lenyap.


PASAL 11
RAJA DARI UTARA DAN RAJA DARI SELATAN
 

Ayat 1. dari kalimat ini dapat kita ketahui bahwa ini adalah lanjutan dari pasal 10:21. Allah tidak berubah dalam menyertai orang percaya. Zaman bisa berganti, kerajaan bisa berganti, raja-raja bisa berganti, tetapi Allah tetap sama menyertai orang percaya.
…kata “seperti dahulu aku juga mendampinginya” ini menunjukkan bahwa Allah selalu terlibat dalam setiap apa yang terjadi dalam dunia ini dan akan menolong setiap orang yang mendapat belaskasihan dan kemurahanNya. Dan ini juga berarti bahwa sebagaimana pergantian pemerintahan Babel ke Persia adalah campur tangan Tuhan demikian juga dengan pergantian ke kerajaan Yunani.
Ini masih merupakan ucapan Gabriel pada waktu itu Gabriel dan Mikhael bersama-sama tidak ada yang lain Mikhael adalah pra-penjelmaan Yesus Kristus.
Raja Persia yaitu, Koresi, Tuhan pakai sebagai hamba Allah untuk membebaskan bangsa Yahudi, tapi orang Persia yang dipakai setan untuk melawan Roh Kudus dan Firman. Diperintahkan kepada kita agar kita memakai perlengkapan senjata Allah. Efesus 6:13, terdapat daftar perlengkapan senjata Allah.
  1. Senjata Ofensif (menyerang) – Firman Allah doa dalam Roh Kudus.
  2. Senjata Defensif (melindungi, menjaga) – ketopong keselamatan. Baju zirah keadilan, perisai iman, kasut kerelaan beritakan Injil, ikat pinggang.   


Ayat 2-35.
Ada gejolak politik yang menjadi suatu rangkaian sampai munculnya seorang yang hina (preman). Tetapi akhirnya ia menjadi seorang raja yang menguasai dunia, yaitu ANTIOCUS EPHIPANUS. Ini juga akan terjadi di akhir zaman yaitu pada saat yang tidak di sangka-sangka dalam gejolak dunia akan muncul seorang yang seperti Antiocus ini yaitu antikris, sebab nubuat-nubuat ini ada yang hanya satu kali digenapi ada sampai dua kali digenapi.


Ayat 2. ada empat raja yang muncul di kerajaan Persia dan raja keempat adalah raja yang kaya. Raja keempat ini akan berusaha melawan kerajaan Yunani. Empat raja itu adalah:
  1. CAMBYSES anak Koresi, tahun 529-522
  2. SMERDIS, tahun 522 – 521  
  3. DARIUS HISTASPES, thaun 521 – 485
  4. XERXES ia adalah raja yang kaya yang mulai memerintah tahun 485.

Raja yang keempat ini menjadi kuat karena kekayaan. 3 alasan mengapa ia menjadi kuat:
-          karena warisan kekayaan raja Koresi (Yes 45:1-3).
-          Pada waktu raja Cambyses menyerang Mesir dan menghancurkan kuil-kuil mereka, maka patung-patung yang terbuat dari emas diangkutnya ke Persia.
-          Pada zaman raja Darius Histaspes juga mengalahkan bangsa yang dikenal waktu itu, dan raja ini mewajibkan semua Negara-negara atau bangsa-bangsa yang takluk kepada Persia diwajibkan untuk membayar pajak yang sangat tinggi, oleh sebab itu raja Persia menjadi kaya raya karena pajak tersebut.

Dengan kekayaan yang diterima turun-temurun ditambah dengan pajak yang tinggi maka bertambah kaya rayalah raja Histaspes. Pada waktu ia mati maka ia diganti oleh Xerxes anaknya dan dialah yang mewarisi seluruh kekayaan sejak dari raja Cambyses.
Tentaranya ada 700.000 orang (inti) dan tentara cadangan 300.000 orang kemudian ditambah terus sampai mencapai 5.282.000 orang tentara. Ada 1200 buah kapal perang, ini semua adalah persiapan perang Xerxes untuk melawan kerajaan Yunani.
Raja-raja ini masih garis keturunan Persia yang runtuh setelah kematian Koresy. Raja Xerxes, raja yang kuat , kaya, menjarah begitu banyak harta dan tentara Xerxses berkisar 5.282.000 orang yaitu angkatan laut dan darat.


Ayat 3-4. Raja disini adalah Iskandar Zulkarnaen dari kerajaan Yunani. Ia memerintah pada usia yang muda(21tahun-33 tahun) tetapi pada usia 33 tahun ia mati. Setelah ia mati maka kerajaannya jatuh bukan pada anaknya tetapi kepada 4 jendralnya.
Raja Iskandar Zulkarnaen menaklukan Mesir dan banyak Negara yang ia taklukan sampai ia menangis karena tidak ada lagi musuh yang ia perangi dan kemudian kerajaan ini pecah jadi 4 kerajaan pada saat ia berusia 33 tahun, kekuasaannya berakhir. Lain hal dengan Tuhan Yesus umur 33 ½ tahun tapi kerajaannya tidak berakhir.
4 bagian kerajaan yang terpecah :
1. Bagian Selatan dikuasai oleh Ptolomeus, Mesir , Palestina, Asyur.
2. Bagiab Barat dikuasai oleh Kasander – Makadonia, Yunani.
3. Bagian Timur dikuasai oleh Cileus Nikator – Turki, Asia Utara.
4. Bagian Utara oleh Celiopagus – Asia kecil.

Mereka-mereka inilah dulunya panglima-panglima Iskandar Zulkarnaen, kemudian dikuasai oleh Yunani (Dan 11:5). Sejarah ini diulangi oleh Raja Persia, datang Yunani sangat cepat jayanya (kambing Jantan, Dan 8, Macan Tutul).


Ayat 5-30.
Dalam Daniel 11:5-30, kita melihat suatu nubuatan yang menunjukkan berbagai hal mengenai peristiwa-peristiwa dan keadaan yang terus menerus terjadi antara Mesir dengan kerajaan Asyur setelah kematian Iskandar Agung. Nubuat ini digenapi dengan cara yang sangat nyata sekali. Seperti dipaparkan oleh W.C. Stevens tentang : sejarah yang amat menarik diambil dari kitab Daniel, sebagai berikut:


Ayat 5. Ptolemy Soter adalah orang pertama diantara empat panglima-panglima Iskandar yang memperoleh kekuasaan atas sebagian kerajaan Iskandar. Ia adalah “raja negeri selatan”, yang pertama diceritakan, yaitu Mesir.
Seleucus Nicator, “seorang dari penglima-panglima itu” – orang yang pertama diangkat menjadi panglima daerah Babel, tetapi kemudian ia dikeluarkan dari Daerah itu – namun ia ternyata cukup kuat untuk memperoleh kekuasaan atas wilayah Babel.
Dari Babel Ptolemy Soter menuju kearah barat dan mendirikan kerajaan Asyur yang besar itu dibawah kekuasaannya.


Ayat 6. Kedua kerajaan ini berusaha mengadakan hubungan kekeluargaan dengan jalan melangsungkan pernikahan yang penuh skandal itu, antara Berenice, anak perempuan Ptolemy Philadelphus, raja Mesir yang kedua, dengan Antiocus Theos, raja Asyur yang telah menceraikan Laodice istrinya itu demi pernikahan ini. Tetapi akibat dari skandal yang sangat memalukan ini terjadilah konflik yang tak habis-habisnya yang seringkali berakhir dengan pertumpahan darah. Berenice kehilangan kedudukannya sebagai permaisuri, mati diracuni, begitu pula dengan anaknya. Laodice diambil dan dikembalikan pada kedudukannya semula, sebagai permaisuri.


Ayat 7-8. Mungkin Ptolemy Eugertes seorang pengganti tahta Mesir, memerintah sebagai seorang raja, ia adalah saudara Berenice, ia menyerbu kerajaan negeri Utara, merebut kubu pertahanan kerajaan dan mendapat kemenangan disemua tempat yang diserbunya, ia membawa pulang 4000 talenta emas, 40.000 talenta perak dan 2500 patung tuangan dan banyak lagi barang-barang berharga.


Ayat 9. Setelah peristiwa ini, maka berhentilah konflik (pertentangan) itu untuk beberapa tahun lamanya. Pada suatu waktu Seleucus II mencoba melakukan pembalasan.


Ayat 10. Anak-anaknya setelah mencapai puncak kekuasaan dan kejayaan yang besar, ia berhasil merebut benteng di Mesir dan di Gaza.


Ayat 11 – 45. Pernyataan Raja negeri Utara dan Selatan dan timbulnya kerajaan Roma ini sejarah tapi bagi Daniel yang hidup di tahun 500-an ini nubuatan yang masih akan terjadi.
Keistimewaan pasal 11 adalah:
-          sebagian besar adalah sejarah yang terjadi paska 300-an – 164 sudah digenapi.
-          Tapi sebagian lagi nubuatan yang akan digenapi ahli zaman Raja Utara Asyur – Selatan Mesir.
Raja Selatan membawa tentara sebanyak 75.000 orang
-          70.000 orang tentara infantry (pasukan darat)
-          5000 orang tentara kavaleri (pasukan berkuda)
Raja Utara jumlah tentaranya 78.000 orang dan 60.000 ekor kuda dan 102 ekor gajah. Raja Utara Antiocus tidak dapat bertahan terhadap Raja Selatan Ptolemeus.


Ayat 11. Peristiwa diatas membuat bangkit geram Philopater, Raja Mesir yang dikenal malas itu.


Ayat 12. Lalu terjadilah pertempuran hebat yang terjadi antara Philopater dengan Antiocus III, perang berakhir dengan kekalahan Antiocus III. Perang yang sangat menentukan ini berlangsung dekat Gaza. Tetapi karena Philopater suka hidup bermalas-malasan, sejarah mengatakan bahwa ia tidak berhasil mengadakan tindak lanjut atas keuntungan yang telah diperolehnya itu. Ptolemeus kemudian jadi sombong dengan kemenangnnya.


Ayat 13. Setelah beberapa tahun negeri Utara mencapai kemajuan yang menyolok, sedangkan negeri Selatan mengalami kemunduran bahkan kerusakan, melihat hal ini, maka Antiocus, raja Asyur mengadakan penyerbuan yang lebih besar dan dasyat lagi ke Mesir.
Raja utara yang mengalami kekalahan berusaha melawan 14 th kemudian 203 SM ia menyerahkan raja selatan dan tempat pertempuran utara-selatan di Israel dan ini terjadi lagi bila terjadi konflik Timur tengah Israel jadi medan pertempuran.


Ayat 14. Dalam penyerbuan ini ia dibantu oleh pemberontak-pemberontak terhadap Mesir dan inilah kesempatan bagi orang-orang Yahudi yang memberontak itu turut menyerbu. Mereka telah meninggalkan kewajiban-kewajiban mereka terhadap Mesir (Israel saat itu berada dibawah kekuasaan Mesir) maupun terhadap Tuhan, dan melawan semua peraturan yang telah ditetapkan oleh Antiocus, (suatu peraturan politik yang halus). Sudah dapat dipastikan bahwa sikap yang demikian sangat tercela dan justru akan mengalami kegagalan.


Ayat 15. Kemudian Antiocus berhasil mengepung kota Sidon yang diperkuat sedemikian rupa serta dipertahankan dengan gigih itu. Sidon adalah kota/kubu pertahanan Mesir yang sangat didambakan oleh Asyur, terletak dibagian Utara.


Ayat 16. Antiocus langsung menyerang kearah selatan dan mendapat sambutan baik sekali waktu ia sampai ditanah permai. Tetapi ditangannya dengan tersembunyi ia membawa suatu hukuman berat bagi bangsa Yahudi.


Ayat 17. Pada tahun berikut ia berhasil menambah kemenangan-kemenangannya yang ditunjang oleh persiapan yang terus menerus ditingkatkan tetapi karena Roma turut campur dalam maksud perangnya itu, ia mengubah cara dengan berdeplomasi. Ia menawarkan anak perempuannya yaitu Cleopatra untuk dinikahkan dengan anak Ptolemy yang waktu itu belum dewasa. Tujuan yang cerdik dan lihai ini agar Cleopatra dapat mengadakan persengkokolan yang mengguntungkan kerajaan Asyur, tetapi Cleopatra tidak berhasil memberi keuntungan bagi ayahnya dalam politik tersebut.

Ayat 18. lalu Antiocus mengalihkan usaha-usaha penaklukaknnya itu kearah pulau-pulau dilaut tengah dan berhasil menduduki banyak pulau-pulau. Akan tetapi usaha ini justru mendapat perlawanan keras dari Roma.
Seorang Jendral yang cakap bernama Scipio (Scipio Asiaticus), menegur kelakuan Antiocus yang tidak tahu malu ini dengan teguran yang keras, dan memaksannya untuk menyerah kalah.


Ayat 19. Antiocus melarikan diri dari suatu benteng ke benteng yang lain, tetapi ia dapat ditangkap dan diharuskan membayar upeti yang sangat berat. Ia mencoba merampok sebuah kuil, tempat ibadah kafir, ditempat itulah ia mati dibunuh.


Ayat 20. Pengganti Antiocus adalah Seleucus Philopater, ia memerintah kerajaan Asyur dengan mewarisi beban yang sangat berat karena diwajibkan untuk membayar upeti kepada Roma. Untuk memenuhi kewajibannya ini, ia mengirim seorang “penyita” untuk menyita semua kekayaan rumah ibadah bangsa Yahudi, tetapi ia segera disingkirkan secara rahasia.


Ayat 21. Penggantinya bukan seorang pewaris tahta yang sah, karena masih ada seorang putra Seleucus Philopater, dan masih ada seorang putar yang lain, yaitu anak laki-laki Cleopatra dan juga cucu Antiocus, yang mendapat dukungan yang sangat kuat, yang berhak atas tahta kerajaan dan mereka menuntut tahta ini. Tetapi karena intrik dan permaianan kotor, maka saudara muda Seleucus-lah yang diberi tahta kerajaan ini, walaupun dengan tidak hormat. Orang ini adalah Antiocus Epiphanus tahun 175 – 164 BC, “si pembinasa” itu. Itulah julukan yang diberikan kepadanya. “seorang yang suka memuaskan keinginannya yang rendah dan tak wajar, seorang yang kejam, tak berperasaan, buas kelakuannya, ia sangat gemar bergaul dengan orang-orang hina dan rendah, ia berlaku dengan tidak menentu, tetapi ia adalah seorang yang sangat berani dan sangat cerdik.”


Ayat 22. Dengan mengadakan persepakatan-persepakatan ditindasnya semua perlawanan yang datang kepadanya dan dalam waktu yang sangat singkat ia menjatuhkan “pukulan” yang pertama keatas umat Allah dengan jalan menyingkirkan Imam Besar Onias dari jabatannya lalu membunuhnya dan diganti oleh Jason, seorang imam besar sewaan yang diberi tugas untuk mengkafirkan umat Tuhan.


Ayat 23. Dengan tindakan-tindakan yang melanggar persetujuan perjanjian damai, Antiocus tetap memperkuat kedudukannya sekalipun sumber kekuatan yang dimilikinya itu kecil.


Ayat 24. Dengan sikap tak bermusuhan ia terus maju sampai kedaerah-daerah / Negara yang kaya dan segera merebutnya. Lalu ia menghambur-hamburkan barang rampasan dan jarahan yang diperolehnya dengan mudah itu, menunjukkan diri bahwa seolah-olah ia seorang yang bermurah hati tanpa tara. Ini semua dibuatnya dengan maksud hendak mencapai kota-kota benteng sainganya milik Mesir.


Ayat 25. Pada suatu waktu Antiocus berusaha dengan sekuat tenaganya hendak menaklukan Mesir.

Ayat 26. Walaupun raja negeri Selatan ini telah berusaha mengadakan perlawanan sehebat mungkin, namun ia harus menyerah kepada Antiocus. Penyebab utama kekalahannya adalah pengkhianatan yang dilakukan kawan-kawan sekutunya yang paling akrab dan paling dipercayainya.


Ayat 27. Ptolomy jatuh ketangan Antiocus, lalu ia membuat syarat-syarat politik yang penuh dusta. Tetapi maksud jahatnya itu tidak tercapai, karena Tuhan menetukan lain.


Ayat 28. Dalam perjalanan pulang ke negerinya sendiri di utara ia membawa barang-barang rampasan dari Mesir, dan kini Antiocus menyimpang dari tujuannya semula, disertai dengan alas an yang dicari-cari, “menyerang Yerusalem” ia membunuh 40.000 orang penduduk kota itu dan banyak lagi penduduknya yang dijual sebagai budak, Bait Allah diserbu dan seluruh isinya dirampoknya, lalu ia pulang membawa pulang harta kekayaan seharga 1.800 talenta. Setelah ia merasa puas dengan hasil yang diperolehnya ini, ia pulang kenegerinya sendiri.

 Ayat 29. kemudian Antiocus merencanakan penyerbuan lagi ke Mesir.
 
Ayat 30. Walaupun Antiocus itu sangat jaya, tetapi sejarah menceritakan keberhasilan tanpa halangan itu hanya sampai pada satu tempat yang berjarak 4 mil dari kota Iskandaria, sebab dikota itulah ia harus berhadapan dengan seorang laksamana yang memimpin armada Roma, sehingga ia dipukul mundur, dan dengan kekalahan ini ia merasakan suatu kekecewaan yang sangat mendalam sekali. Antiocus harus tunduk dengan begitu kecewa kepada Roma, satu kerajaan baru yang sangat kuat pada waktu itu.

Perang antara Selatan dan Utara adalah sifat yang diturunkan oleh keledai liar.
Keledai liar (bhs. Ibrani Arod Pere).
Sifatnya:
  1. menyukai kebebasan (Ayub 39:8)
  2. tidak dapat dikendalikan (Ayub 11:12).

Keledai jinak (bhs Ibrani Aton)
Sifatnya:
  1. suka membawa beban (Ayub 42:46).
  2.  tunggangan (Kej 22:3) Nubuatan Zak 9:9, Yoh 12:14.


Ayat 31. Antiocus Ephipanus menajiskan Bait Allah. Kedatangan Antiocus Ephipanus ke Yerusalem untuk menajiskan Bait Allah. Perhatikan Daniel 7:27. sama dengan yang dilakukan oleh Jendral Titus pada tahun 70, juga dilakukan oleh Antikris pada masa anaiaya besar.
…roh yang ada pada Antiocus Ephipanus = roh yang ada pada Jendral Titus = yang ada pada antikris.

 Ayat 32. Dua hal yan ia lakukan:
  1. Membujuk orang-orang melanggar perjanjian.
  2. Membunuh orang-orang yang mengenal Allah.

Pada masa aniaya besar akan terbagi 2 golongan:
  1. Menolak antikris “setia pada perjanjian mengenal Allah.”
  2. Menerima antikris “tidak setia pada perjanjian.”

Pada saat itu kekuatan orang-orang percaya hanya pada Firman Tuhan. Sedangkan gereja yang sempurna adalah Gereja yang mempunyai Firman dan Roh Kudus.
Bandingkan 5 anak darah yang bodoh tidak memiliki minyak cadangan. Mereka hanya memiliki kekuatan Firman Allah (Wahyu 12:17). Terjemahan Lama, benih yang sisa. Mereka ini juga disebut orang yang tidak memakai pakaian pesta (Ibrani 11:36-37). Kehidupan orang percaya saat itu kembali pada zaman Perjanjian Lama.
Ayub berkata: “… tetapi aku tahu penebusku hidup…walaupun kulit tubuhku hancur sama sekali aku akan bangkit melihat DIA.”
Pada waktu Antiocus Ephipanus masuk Yerusalem ia membunuh 80.000 orang, memenjarakan 40.000 orang dan menjual banyak orang sebagai budak.


Ayat 33. Ada yang akan jatuh karena pedang dan api, oleh karena ditawan dan dirampas. Jatuh karena pedang dan api = dibunuh.
Siapakah orang bijaksanan itu? – umat Tuhan.


Ayat 34. banyak orang akan bergabung dengan pura-pura. Motivasi mereka dalam apa yang mereka lakukan itu tidak benar. – “motivasi yang salah.”

Daniel 11:35-45, berisi tentang adanya ujian-ujian yang akan datang pada akhir zaman.


Ayat 35. Orang bijaksana yaitu umat Tuhan akan ada yang jatuh supaya akan ada pengunjian, penyaringan, dan pemurnian. Jatuhnya beberapa orang menjadi ujian bagi orang percaya. Dan akan membuktikan motivasi yang benar dari umat Tuhan.


Ayat 36. Yang dimaksud dengan “raja itu” adalah Antiocus Ephipanus. Tapi perbuatannya membayangkan apa yang dilakukan oleh Antikris. Dan akan meninggikan diri dan mengucapkan kata-kata yang tak senonoh. Bandingkan Wahyu 13:4-6. II Tes 2:4, Daniel 7:8, Daniel 7:25.


Ayat 37. Antiocus Ephipanus juga antikris tidak mengindahkan segala pemujaan perempuan. Pujaan perempuan = keinginan perempuan. Keinginan perempuan adalah pernikahan = tidak mengindahkan pernikahan.


Ayat 38. Ia hanya menghormati dewa banteng. Banteng adalah lambang kekuatan/kekuasaan mutlak. Wahyu 13:3. kekuatan/kekuasaan antikris adalah dari setan. Berarti dia hanya menghormati setan. Akhir zaman ocultisme, kekuatan paranormal, kekuatan gaib akan dicari dan dihormati.


Ayat 39. Orang yang memiliki/mengakui kekuatan gaib akan diberikan beberapa penghargaan.
  1. dilimpahi kehormatan
  2. diberikan kuasa dalam pemerintahan
  3. akan mendapat upah – tanah (daerah)
bandingkan Kel 1. akan ada pergantian pemimpin.


Ayat 40. Diakhir zaman akan ada yang tidak setuju kepada antikris. Bandingkan Daniel 7:8, tanduk kecil akan mengalahkan 3 tanduk. Lihat juga Wahyu 17. tetapi antikris akan mengalahkannya.


Ayat 41-43. Tanah Israel dan Mesir juga akan dikuasai antikris. Bandingkan Yes 19. Tanah permai adalah Israel dia akan dikuasai. Wahyu 11:1-2. tetapi ada 3 bagian tanah yang dibiarkannya yaitu EDOM, MOAB, AMON. Dijadikan sekutu karena kelakuan dan sifatnya sama.
-          EDOM…keturunan Esau. Kej 25:25,30. sifatnya..angkuh, bengis Yer 49:16-19, pendendam Yeh 25:12, penyembah berhala. II Taw 25:14,20, percaya tahyul Yer 27:3,9
-          MOAB…keturunan Lot. Ulangan 2:19. sifatanya…angkuh Yes 10:6, penyembah berhala I Raja 11:7, percaya tahyul Yer 27:3,9, suka berperang Yer 48:14.
-          AMON…suka mencela, sombong Zef 2:10, pendendam Yer 25:3-6, bengis Amos 7:13, percaya tahyul Yer 27:3,9.


Ayat 44. Ancaman terhadap antikris. Dengan ancaman ini ia akan makin menganiaya orang percaya. Bandingkan Mat 24:21.


Ayat 45. Tempat dimana antikris memerintah dunia…diantara laut dan gunung permai… = Kota Yerusalem. Kota Yerusalem terletak diatas gunung dan dikelilingi gunung-gunung, disebelah barat terdapat laut tengah. Bandingkan Wahyu 11:3-6, dua saksi Tuhan selesai bernubuat akan dibunuh oleh antikris di Yerusalem.

     
PASAL 12
LANJUTAN PERISTIWA-PERISTIWA AKHIR ZAMAN


Ayat 1. Tentang sengsara yang besar. Yang dimaksud pada masa itu adalah pada zaman antikris. Itu adalah masa kesesakan besar. Kenapa disebut kesesakan besar. Bandingkan Mat 24:21.
Kesesakan/kesusahan yang belum pernah terjadi dan tidak akan terjadi lagi sesudah peristiwa itu. Iblis menyerahkan seluruh kekuatan dan kuasa kepada antikris untuk menyiksa manusia. Kebrutalan iblis akan mencapai puncaknya. Wahyu 13:3-4, Wahyu 9:1-6. tetapi Mikhael akan mendampingi bangsa Israel. Sehingga bangsamu akan teluput. Jadi bangsa Israel ada jaminan pembelaan Tuhan dimasa antikris. Juga bersama orang yang tertulis namanya dalam kitab itu. Bandingkan dengan Wahyu 13:8. jadi mereka yang tertulis namanya dalam kitab kehidupan juga akan didampingi oleh Mikhael.


Ayat 2. Tentang kebangkitan orang mati. Ada kebangkitan orang mati sebagian untuk mendapat hidup yang kekal dan sebagian untuk menerima penghukuman. Didalam Alkitab ada 2 kebangkitan.
-          Kebangkitan yang pertama pada saat Tuhan Yesus datang kedua kali. Mereka akan menerima hidup kekal. Inilah kebangkitan orang benar. Fil 3:11, Luk 14:13-14, Wah 20:4-6.
-          Kebangkitan kedua, kebangkitan orang jahat. Bangkit untuk menerima hukuman. Mar 9:44,46,48. dan ini terjadi sesudah kerajaan 1000 tahun damai. Wah 20:5-15.
Dua macam kematian.
Kematian pertama berlaku untuk semua orang. Kematian kedua adalah kematian kekal yang berlaku bagi semua orang yang tidak benar. Jadi kerajaan 1000 tahun damai dimana orang benar memerintah tidak ada orang jahat. Itu sebabnya dimasa itu tidak ada lagi penginjilan karena tidak ada lagi orang jahat.


Ayat 3. Orang bijaksana dalam KJV (King James Version). Ada tambahan “wise or teacher” jadi orang-orang bijaksana disini adalah juga guru-guru pengajar-pengajar. Pengajara berarti sudah tahu Firman. Mereka akan bercahaya seperti cakrawala.
Ibr 5:11-14…pengajar adalah sudah biasa makanan keras bukan lagi susu. Yang makan makanan keras berarti dewasa. Jadi pengertian guru/pengajar adalah dewasa rohani. Bukan Orang Kristen halaman.Wah 12:1. gereja sempurna.
Ada upah bagi mereka yang memenangkan jiwa. Yang menuntun banyak orang kepada kebenaran seperi bintang-bintang.


Ayat 4. Di zaman Daniel kitab ini dimeteraikan = ditutup. Nanti dibuka pada akhir zaman. Wahyu pasal 6 meterai 1-5 sudah dibuka. Tetapi meterai belum dibuka.
…banyak orang akan menyelidikinya.
Dalam KJV “many shall go to and fro” = banyak orang akan pergi dan datang.
Untuk apa? Untuk menyelidiki firman. Kehausan akan firman Allah akan terjadi pada akhir zaman. Bukan hanya menyelidiki tapi banyak orang juga akan memberitakan Firman. Mat 24:14, Amos 8:11.

…dan pengetahuan akan bertambah.
Ini adalah pengetahuan umum. Teknologi canggih, dll. Pengetahuan Firman juga bertambah
Ef 1:16-23 dan ini perlu pengungkapan dari Tuhan. Mat 16:13-17. gereja akan mengenal Allah sepenuhnya. I Kor 13:12, I Yoh 3:2.


Ayat 5-7. Penglihatan tentang 3 orang.
  1. Seorang yang berdiri ditepi sungai sebelah sini.
  2. Seorang ditepi sebalah sana.
  3. Seorang lagi yang ada disebelah atas air.
Orang yang berpakaian kain lenan dan berada disebelah atas air sungai adalah Tuhan Yesus. Sedangkan 2 orang yang berdiri disebalah kanan dan kiri sungai itu adalah dua orang yang selalu menyatakan diri bersama-sama dengan Yesus. Mereka adalah Musa dan Elia.


Ayat 8-9. Daniel ingin memahami tetapi artinya tidak diberikan kepadanya. Hal ini dapat kita ketahi dengan membandingkan Ibrani 11:39-40. tuhan memberikan bagian untuk hamba Tuhan akhir zaman. Tuham memberikan yang terbaik untuk kita di akhir zaman. Jangan memaksakan kalau belum waktunya.


Ayat 10. bandingkan Daniel 11:35. pemurnian Gereja. Ada dua kelompok yang menanggapi pemurnian ini.
-          Mananggapi secara positif… kelompok bijaksana (rohani dewasa)
-          Menanggapi secara negative… kelompok orang fasik.


Ayat 11-12. penglihatan tentang 1290 hari dan 1335 hari.  Tentang 1290 hari adalah 1260 + 30. masa anaiaya besar tambah 30 hari = pencurahan 7 cawan murka Allah.
1335 hari adalah 1260 + 75. masa anaiaya besar tambah 75 hari.
Jadi tambahan dua periode ini adalah 75 hari. Yaitu 30+45=75.
Sebelum kerajaan 1000 tahun damai ada 75 hari. Selama 75 hari bumi dibersihkan. Dan selama itu pula kita diudara. Sesudah 75 hari kita turun kebumi dan memerintah bersama dengan Kristus selama 1000 tahun damai.
Berbahagialah dia yang menanti-natikan 1290 hari dan 1335 hari.


Ayat 13. Kematian Daniel.
Kematian Daniel disebut beristirahat. Wahyu 14:13. kematian orang benar hanya beristirahat seperti tidur. Karena akan bangun waktu Tuhan Yesus datang dan untuk menerima upah.




SELAMAT BERJUANG

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

kirimkan kritik dan saran anda