Senin, 03 November 2014

“Belajar menjaga hati” oleh : Pdt. Dr. Johan. M.Ev Supit, M.Th



Hari   : Minggu 04 Desember 2011
Oleh  : Pdt. Dr. Johan. M.Ev Supit, M.Th
Ayat pokok  : Amsal 4 : 23
Thema :Belajar menjaga hati             

Jagalah hatimu dari segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Secara umum ayat ini sangat simple,tapi ayat ini mempunyai arti yang besar dalam kehidupan kita sebagai orang percaya.  Alkitab mencatat kehidupan kita bisa di lihat dari hati kita, artinya hati itu mempunyai dampak yang sangat besar dalam kehidupan kita orang percaya.
Alkitab mencatat kehidupan kita bisa di lihat dari hati kita, artinya hati itu mempunyai dampak yang sangat besar, karena sebenarnya dalam kehidupan kita Allah sangat rindu untuk melakukan hal-hal yang besar.
Ada begitu banyak Anak-anak Tuhan yang berpindah dari gereja satu ke gereja yang lain dari persekutuan satu ke persekutuan yang lain, tapi ketika di Tanya apa yang mereka dapat? Jawabannya mereka tidak mendapatkan apa-apa, karena hati mereka tetap tertutup untuk Firman itu, maka itu kalau kita tidak membuka hati kita maka kita tidak akan mendapatkan apa-apa.
Sesuatu yang mengikat kita, yang bagi kita adalah penting itu juga yang akan menentukan di mana hati kita berada. Maka itu taruh dalam hati kita hanya Yesus saja sehingga kehidupan kita tetap tertuju kepadaNya.
Sebagai Anak-anak Tuhan kita harus bisa untuk  tetap menjaga hati kita, sehingga kita bisa mendekatkan diri kita kepada Tuhan. Kalau kita bisa menjaga hati kita maka kita juga akan melihat bahwa kita akan terus di lindungi oleh Tuhan sehingga kita tetap melakukan hal-hal yang benar.
Ada pertanyaan yang seringkali muncul dalam kehidupan kita, mengapa Anak-anak Tuhan tidak bisa melakukan hal-hal yang lebih? itu karena banyak Anak-anak Tuhan yang tidak mau membuka hati untuk di pimpin oleh Tuhan, kita harus bisa membuka hati kita sehingga kita bisa melakukan apa yang Allah mau dalam kehidupan kita se hari-hari.
Sebagai Anak-anak Tuhan sebenarnya kita mempunyai potensi yang ada dalam pribadi kita yang perlu kita lakukan dan perlu kita kembangkan, karena itu kita perlu membuka hati kita, dan kita harus percaya bahwa kita bisa mengembangkannya karena Allah ada dalam hidup kita, yang penting kita bisa menjaga hati kita.
Ada begitu banyak orang yang mempunyai masalah yang sama, tapi cara pandang untuk menyelesaikan masalah itu yang membedakan kita untuk bisa keluar dari masalah itu.
-          Ada beberapa cara untuk kita bisa menjaga hati kita :
1.       Kita jangan buat dosa/masalah dengan Tuhan
Ketika kita membuat masalah dan kita tidak melakukan pemberesan dengan Tuhan maka itu berarti kita menciptakan hidup kita dengan cara yang tidak baik. Tetapi ketika kita melakukan pemberesan maka potensi yang ada dalam hidup kitaitu bisa di kembangkan karena di dalam hidup kita sudah ada kebebasan.
 Tanggalkan semua beban kita dan kita maju bersama Yesus sehingga hidup kita di warnai dengan  kemenangan-kemenangan.
2.       Kita harus memiliki sikap perilaku yang baik
Kita harus menerima segala sesuatu dengan pikiran yang positif sehingga kita bisa memiliki sikap yang baik.
Ada begitu banyak masalah yang ada dalam hidup kita tapi ketika kita memiliki sikap/prilaku yang baik kepada Tuhan, maka kita akan melihat kehidupan yang luar biasa Dia kerjakan dalam hidup kita.
Kita harus bisa menjaga sikap dan prilaku kita sehingga kita bisa melihat Allah mengerjakan sesuatu yang besar dalam hidup kita dan Dia akan bekerja melalui potensi-potensi yang ada dalam hidup kita.
3.       Kita harus bisa memperbesar kapasitas hidup kita
Yang Allah mau dalam hidup kita ketika kita bisa meningkatkan kapasitas kita di dalam Tuhan, sehingga kita juga kita bisa melihatada kehidupan yang baru dalam hidup kita.
Kita akan merasakan kenyamanan hidup, kelimpahan bahkan hal-hal yang baik karena kita hidup dengan Tuhan.
Jangan pernah kita puas dengan kapasitas yang ada di dalam kehidupan kita saat ini, tapi kita harus terus memperbesar/mengembangkan kapasitas itu agar kita bisa melihat kehidupan yang luar biasa bersama dengan Dia.
Ketika kita terus mengikat kehidupan kita dengan kehidupan kita yang tidak baik, ,maka itu berarti kita sementara  menutup berkat Tuhan yang ingin Dia kerjakan bagi kita.
Kita akan berhasil dengan Tuhan yang penting kita harus membuka hati dan kita harus memandang ke depan bahwa Allah akan  mengerjarkan yang lebih besar lagi melalui potensi-potensi yang ada dalam hidup kita asalkan kita trus menyerahkan hidup kita kepada Tuhan.
 
 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

kirimkan kritik dan saran anda